BAITURRAHMAN EXPO & ANEKA LOMBA DALAM MEMPERINGATI HUT RI KE 74

Pembukaan Expo Baiturrahman ke -2 oleh Bapak Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, SE.,Ak.,M.M di lahan eks hotel Aceh Gampong Kampung Baru (Rabu, 28 Agustus 2019)

Kampung Baru – Rabu(28/08/2019) Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, kota Banda Aceh kembali menggelar kegiatan menarik. Kali ini kecamatan Baiturrahman menggelar Expo Baiturrahman ke-2 yang bertempat di lahan eks Hotel Aceh dekat Taman Bustanussalatin. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 28 Agustus sampai dengan 1 September 2019. Seremonial Pembukaan dilakukan oleh Walikota Banda Aceh, Bapak Aminullah Usman, SE.,Ak.,M.M dengan pemukulan bedug yang diikuti dengan membunyikan kentungan oleh Linmas masing-masing gampong menandai peninjauan stand-stand Baiturrahman Expo 2019 terbuka untuk umum. Selanjutnya acara diisi oleh penampilan tarian Ranub Lampuan oleh Sanggar Laweut binaan dari Keuchik  Gampong Kampung Baru.

Expo Baiturrahman diikuti oleh 10 gampong yang berada dikawasan kecamatan Baiturrahman kota Banda Aceh. Dilokasi lahan eks Hotel Aceh berjajar stand setiap gampong termasuk stand gampong Kampung Baru. Di stand Gampong Kampung Baru yang bernuansa Hut RI ke-74, dipamerkan produk-produk unggulan gampong, pameran foto/galeri kegiatan pembangunan gampong serta infografis/APBG tahun 2018/2019.

Selain memamerkan produk-produk unggulan gampong, stand gampong kampung baru juga membuat photo booth yang bernuasa Hut RI ke-74 sehingga pengujung stand dapat mengabadikan foto di photo booth tersebut.

Adapun aneka lomba yang diikuti oleh gampong kampung baru yaitu, panjat pinang dewasa, tarik tambang dewasa, panjat pisang anak-anak, mengulek sambal oleh ibu-ibu PKK, merangkai sirih oleh ibu-ibu PKK dll. 

Pada hari penutupan expo minggu (01/09/2019), gampong Kampung Baru melakukan suatu kegiatan kuliner tradisional Aceh yaitu toet apam (memasak apam) yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK gampong Kampung Baru. Hidangan apam pun disuguhkan kepada panitia expo dan pengunjung stand.(ia)