Gampong Kampung Baru Juara II Lomba Masak Kuah Beulangong

Banda Aceh –  Minggu (25/11/2018), Masyarakat dari seluruh Gampong di Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh memeriahkan Lomba Masak Beulangong yang diselenggarakan Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah di area bekas Hotel Aceh di Kawasan Taman Bustanussalatin Banda aceh.

Lomba ini diikuti sepuluh tim dari tiap-tiap gampong di Kecamatan Baiturrahman, ditambah dua tim dari Kecamatan Bandar Raya, yaitu dari Gampong Lampuet dan tim Jemaah pengajian Zul Arafah.

Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah menyampaikan tujuan diadakan perlombaan tersebut adalah untuk mengangkat kembali cita rasa kekayaan kuliner Aceh khususnya Banda Aceh dan Aceh Besar. Harapan Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah dengan adanya event tersebut akan menjadi bahagian dari agenda Pemerintah Kota Banda Aceh untuk serius dalam mengangkat cita rasa dari kuah beulangong tersebut. Dan kedepan ia berharap kuah beulangong diusulkan ke UNESCO agar mendapat pengakuan internasional sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang berasal dari Aceh sebagaimana kuliner luar Aceh Rendang yang sudah dikenal dan mendapatkan pengakuan dari UNESCO.

Dalam kegiatan lomba tersebut, Gampong Kampung Baru keluar sebagai juara 2 dari dua belas tim yang ikut perlombaan masak kuah beulangong. Tim Gampong Kampung Baru didukung oleh Keuchik, Tuha Peut, dan tokoh masyarakat. (IA)